Luqman, Anaknya dan Keledai Kecilnya

Sebuah catatan kecil dari kajian singkat tarawih malam ke 22 oleh Aep Saepullah di Masjid Daarurrahman.

Dalam Al Qur’an terdapat satu nama orang yang bukan Nabi pun juga Rosul. Namanya disebut oleh Allah dan bahkan diabadikan menjadi sebuah nama Surat. Dia adalah Luqman.

Cukup banyak studi yang mengkaji tentang surat ini dan nama Luqman. Untuk mencari pemahaman lebih lanjut tentangnya. Pasti ada pelajaran yang sangat pentng hingga Allah mau mengabadikannya.

Salah satu kisah penuh hikmah adalah tentang perjalanan Luqman dan anaknya dengan membawa seekor keledai. Diceritakan perjalanan tersebut beberapa kali melewati kelompok orang yang mengomentari apa yang dilihatnya. Kisah lengkap dapat dibaca di https://www.liputan6.com/ramadan/read/2997705/kisah-sang-bijak-luqman-al-hakim-keledai-dan-cacian-orang-lain

Salah satu hikmah yang dapat diambil dari kisah ini adalah dalam hidup ini agar tidak terlalu banyak mendengar perkataan orang yang belum tentu benar. Karena kadang mereka berpendapat hanya berdasarkan pandangan sesaat.

Hikmah lainnya adalah hidup harus memiliki prinsip yang kuat agar tidak mudah terbawa arus informasi dari orang lain yang belum dipastikan kebenarannya. Dimana prinsip yang kuat itu membutuhkan ilmu yang banyak dan wawasan yang luas.

Ilmu yang banyak ini didapat dari belajar. Ramadhan adalah bulan belajar bagi muslim untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Karenanya setiap muslim sudah selayaknya untuk berlomba-lomba melakukannya.

Wallahu a’lam bishawab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *